Perbandingan VGA Card dan Tips Membelinya

Bagi yang ingin membeli komputer baru atau hanya upgrade VGA card mungkin ini bisa menjadi guide anda .Dari sekian banyak brand dan ratusan tipe VGA card yang terdapat di pasaran mungkin anda bingung ingin membeli VGA card yang sesuai dengan kebutuhan anda. Review ini cocok bagi anda yang ingin bermain game PC atau game komputer tetapi bingung ingin beli yang mana. Dari sekian banyak brand dan ratusan tipe VGA card yang ada semuanya itu hanya mempunyai 3 CHIP VGA card yang sama. Yaitu NVIDIA, ATI AMD dan Intel. Untuk NVIDIA biasanya mereka menamakan VGA card mereka dengan kode Ge-Force sedangkan AMD ATI dengan kode Radeon.bacaselanjutnyaNVIDIA dan ATI dapat diibaratkan produsen sepeda motor roda dua di Indonesia yaitu HONDA dan YAMAHA yang saling bersaing selalu mengeluarkan motor terbaru dengan inovasi-inovasi terbaru dengan harga yang bervariasi mulai dari kalangan menengah kebawah sampai kalangan atas. Begitupun dengan produsen chip VGA NVIDIA dan ATI mereka selalu bersaing dalam performa, inovasi, harga CHIP VGA card. Kedua produsen chip vga tersebut sudah banyak mengeluarkan dengan harga yang bervariasi mulai dari 200.000 an sampai dengan 5.000.000 keatas.

perbandingan VGA card NVIDIA, ATI, dan Intel dalam hal kemampuan performa game komputer. Vga card yang tertera di baris paling atas ialah VGA dengan kemampuan yang paling tinggi sedangkan baris paling bawah kemampuannya paling kecil.Semua VGA yang tertera di tabel ialah Vga card yang diproduksi mulai dari tahun 1999 sampai dengan sekarang tahun 2009 .Jika anda ingin membeli atau merakit komputer hanya untuk browsing, e-mail, chatting atau hanya mendengarkan musik serta memutarkan film DVD dan pekerjaan seperti Word dan excel tabel di bawah TIDAK berlaku bagi anda.

TIPS Membeli VGA Card

Jika anda hanya ingin mengupgrade VGA card saja.Cari nama tipe vga card yang anda miliki ditabel. Kemudian belilah tipe VGA card yang berada minimal 3 baris diatas dari vga yang anda milki. karena jika hanya 1 atau 2 baris saja, upgrade vga menjadi percuma karena anda tidak dapat merasakan perbedaan yang signifikan dari performa vga card anda.
Perhatikan juga slot VGA card di motherboard. VGA card sekarang ini mempunyai 2 jenis slot yang berbeda yaitu AGP dan slot PCI-Express. Tanyalah pada pemilik toko jika anda ingin membeli vga. Karena pernah kejadian teman saya tanpa sepengetahuannya membeli VGA dengan slot PCI-Express tetapi motherboardnya hanya mendukung slot AGP yang notabene tidak dapat di pasang karena mempunyai slot yang berbeda.
Mungkin ini yang paling penting. Sesuaikan VGA yang anda ingin beli dengan power supply anda. Karena biasanya VGA dengan kemampuan yang tinggi membutuhkan sumber daya yang besar. Biasanya jika ada membeli VGA card di box nya tertera berapa minimal daya power supply yang dibutuhkan. Misal ATI Radeon HD 4770 membutuhkan power supply 450 watts MURNI. Kenapa harus 450 watts murni, karena biasanya power supply dari bawaan casing walaupun tertera 450 watts tetapi itu hanya peak power saja, jadi itu bukan murni 450 watts. Banyak Power supply dengan daya yang murni seperti merek FSP, Venomrx, Acbel, dll.
Terakhir jangan kuatir memilih brand vga dengan tipe yang sama. karena biasanya kemampunan mereka itu sama. Brand VGA card yang dimaksud disini misalnya brand Sapphire, Powercolor,Gigabyte, HIS, Pixelview, Winfast, Zotac, dan lain-lain. Hanya saja perhatikan harga, garansi dan reputasi dari brand itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: