Bagaimana Memilih Memory PC yang Baik……..?

Pertanyaan ini paling sering kali muncul pada saat kita ingin membeli memory baru. Saya akan memberikan secuil tips membeli memori untuk PC Anda supaya Anda puas dan tidak kecewa dengan performa dan kestabilan memory yang Anda beli, sebaiknya coba perhatikan tips-tips berikut ini:

bacaselanjutnya1.Pilih memory dengan jumlah ganda apabila motherboard Anda mendukung dual channel. Sebagai contoh, “pilihlah sepasang memori dengan kapasitas masing-masing 512 MB ketimbang membeli sekeping memori dengan kapasitas 1 GB”. Dukungan Dual Channel memungkinkan performa sistem komputer Anda akan tampil jauh lebih baik dengan menggunakan dua keping memori ketimbang menggunakan memori tunggal meski berkapasitas besar.
2.Carilah vendor yang telah memiliki reputasi baik dalam penjualan dan layanan purna-jual. Anda dapat menggunakan jumlah service center yang dimiliki serta lama garansi sebagai tolok ukur ini.
3.pilihlah memori dengan chip yang telah dikenal. Hindari memiliki memori dengan chip aneh alias(abal-abal) Anda tidak tahu siapa pembuatnya. Nama-nama seperti Samsung, Infineon, atau Corsair dsb dapat Anda jadikan referensi. Ini penting karena beberapa MoBo menyarankan chip tertentu untuk dukungan kesesuaian.
4.hindari membeli memori tray alias tidak dalam kemasan. Di pasar saat ini banyak sekali dijual memori tanpa kemasan. Meski dilabel dengan berbagai merek ternama, jangan mudah tergoda untuk membeli memori jenis ini. Resiko tingkat kerusakan akibat listrik statik yang sangat tinggi ditambah lagi resiko data korup akibat chip yang rusak akan menghantui kestabilan PC Anda.
5.Jika Anda sering menggunakan komputer dalam jangka waktu yang lama, pastikan untuk memilih memori yang dilengkapi dengan heat spreader. Harga memori jenis ini pada umumnya lebih mahal ketimbang memori standar. Meskipun demikian, performa dan kestabilan yang ditawarkan memori jenis ini sangat bagus.
6.Jangan terjebak dengan janji life time warranty. Di Indonesia, definisi garansi jenis ini masih dipertanyakan. Definisi life time warranty menurut Hukum Dagang Internasional adalah sebatas teknologi produk yang bersangkutan masih ada dan proses produksinya masih dijalankan.
7.Pilih memori dengan angka latency terendah. Jangan terjebak pada FSB atau throughput memori.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: